Nasi Kuning Tumpeng Unik

Jumat, 10 Januari 20140 komentar




NASI tumpeng telah dinobatkan sebagai ikon kuliner Indonesia beberapa waktu lalu. Tetapi apa yang mendasarkan nasi tumpeng terpilih menjadi ikon kuliner ketimbang makanan Indonesia lainnya? Ini jawabannya.

"Nasi tumpeng itu memiliki bentuk yang unik sehingga tidak dimiliki oleh beragam kuliner Indonesia lainnya, oleh karena itu menjadi nilai lebih buat nasi tumpeng," ucap Pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo kepada Okezone saat ditemui di Kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Bentuk yang menarik serta unik itulah membuat nasi tumpeng memiliki makanan yang punya nila tersendiri, belum lagi punya histori panjang di balik pembuatan nasi tumpeng.

Sisca menambahkan, bila nasi tumpeng sudah mencerminkan secara keseluruhan bentuk serta wilayah yang dimiliki oleh Indonesia, hal itu terlihat dari bentuk serta beragamnya bahan makanan yang banyak di dalam nasi tumpeng.

"Setiap makanan yang ada di dalam nasi tumpeng membawakan nilai budaya yang ada di Indonesia, mulai dari pepes, dimana makanan yang satu ini sangat kental dengan makanan khas Jawa Barat, kemudian sate ayam sangat mendominasi wilayah Jawa Timur khususnya daerah Madura, ada pula rendang yang dituang ke dalam nasi tumpeng sehingga mewakili daerah Sumatera Barat, dan masih banyak lagi," paparnya.

Selain memiliki ragam budaya yang dituangkan ke dalam nasi tumpeng, dirinya mengaku dengan adanya nasi tumpeng maka wujud syukur terhadap Sang Pencipta pun juga bisa terlihat dari bentuk nasi tumpeng.

"Bentuk kerucut itu merupakan arti berterima kasih kepada Tuhan karena masih bisa memiliki kemakmuran, nafas yang panjang, makanya nasi tumpeng selalu identik dengan perayaan rumah baru, ulangtahun atau yang lainnya," tukasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Makanan Khas Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger